Promosi Gratis Ongkos Kirim, Bisa Membunuh Bisnis Online Anda

Indokurir.com Promosi dengan cara memberikan Gratis Ongkos Kirim, adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak seller. Bagi buyer, ongkos kirim gratis adalah promosi yang paling menarik. Buyer tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan selain biaya pembelian produk. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa sembarangan memberikan promosi ongkos kirim gratis.

Menurut Matt Winn dalam situs Volusion, ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan promosi Gratis Ongkos Kirim kepada konsumen.

  • Rencanakan detail promosi. Susunlah rencana promosi dengan matang. Apakah Anda akan memberikan ongkos kirim gratis bagi semua varian produk yang Anda jual? Apakah ongkos kirim gratis hanya diberikan kepada buyer yang berbelanja di atas nominal tertentu? Rencana promosi yang matang mempengaruhi besarnya profit yang Anda dapat. Jika tidak direncanakan dengan baik, bukannya tidak mungkin Anda justru akan merugi karena melakukan promosi dengan salah.
  • Tentukan jangka waktu promosi. Berapa lama jangka waktu promosi ongkos kirim gratis ini? Apakah Anda akan memberikan ongkos kirim gratis selamanya? Jika ya, keputusan ini perlu Anda imbangi dengan membuat syarat dan ketentuan pembelian tertentu, misalnya menetapkan minimal transaksi. Atau apakah Anda akan memberikan promosi harian, bulanan, atau dalam event-event tertentu seperti hari raya? Sebelum melakukan promosi, Anda harus menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini.
  • Ajukan potongan harga kepada kurir. Promosi Gratis Ongkos Kirim, apalagi yang berlaku untuk jangka waktu lama, membuat uang jasa pengiriman kurir yang telah Anda bayarkan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meminta pemotongan harga atau diskon kepada jasa kurir yang Anda gunakan sebelum Anda melakukan promosi ongkos kirim gratis.
  • Sebarkan promosi melalui media sosial. Setelah menyusun rencana promosi dengan matang, Anda perlu melakukan sosialisasi promo Gratis Ongkos Kirim melalui media sosial. Buatlah sebanyak-banyaknya orang tahu bahwa Anda sedang memberikan promosi ongkos kirim gratis melalui Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.
  • Evaluasi promo. Hindari kebiasaan berbisnis tanpa melakukan evaluasi secara berkala. Strategi promosi yang Anda lakukan pun harus dievaluasi. Setelah promosi Gratis Ongkos Kirim ini Anda jalankan, apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan secara signifikan? Apakah angka penjualan meningkat secara drastis? Jika tidak, ada baiknya Anda mulai mencari strategi promosi yang lain.

28total visits,1visits today