virus corona Jika Sudah Dinyatakan Sembuh, Apa Pasien Bisa Jadi Kebal

virus corona

Angka infeksi virus corona COVID-19 semakin meningkat. Di Indonesia sendiri total 19 orang yang dinyatakan positif corona.

Meski sudah menunjukkan kondisi stabil, masih belum ada tanda-tanda pasien sembuh untuk kasus 06 dan 14 yang hasil laboratorium terakhir menunjukkan negatif corona. Lalu jika dinyatakan sembuh total, apakah pasien jadi kebal virus corona ataukah bisa terjadi relaps?

“Untuk relaps, kami belum tahu soal itu karena belum banyak pengalaman dan belum ada juga kan yang pulang dari pemeriksaan,” sebut Direktur Medik dan Keperawatan RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, dr Dyani Kusumo Wardani, SpA, kepada media Selasa (10/3/2020).

Untuk penularan kembali pada pasien sembuh, dr Pompini Agustina, SpP, yang terlibat dalam perawatan pasien menjelaskan kemungkinannya bisa saja. Semua tergantung dari imunitas pasien itu sendiri.

“Ya kalau ada orang sekitarnya yang terinfeksi dan menular ke orang, itu bisa. Orang-orang yang positif ya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Karena kasus infeksi virus corona dipengaruhi oleh kondisi sistem imun, mereka yang sudah sembuh harus menjaga daya tahan tubuhnya. Jika imunitas dalam keadaan baik, kemungkinan tertular kembali pun menjadi kecil.

“Ya kalau daya tahan tubuhnya (imunitas) bagus ya nggak (tidak akan tertular lagi),” pungkasnya.

Baca Juga  Cara Packing Paket Kiriman Barang

Hi There, Our representatives we will get back to you as soon as possible.

Chat on WhatsApp