Yamaha Mio M3 125CC Blue Core – 1 Liter untuk 111 Kilometer

INDOKURIR.com – Skuter matik terbaru Yamaha Mio M3 125 Blue Core unjuk gigi membuktikan apakah mesin teknologi baru Yamaha ini benar-benar irit.

Dalam uji coba yang berlangsung di sirkuit Sentul 20 November 2014 silam, setiap Mio 125 dipasangi indikator khusus untuk mengetahui berapa lama lampu Eco di panel instrumen menyala selama uji coba.

Selama uji coba sebanyak 10 putaran, pengendara bebas mempraktikkan gaya berkendara. Setelah selesai, pihak Yamaha kemudian mencatat berapa lama lampu Eco menyala, penggunaan bahan bakar dan jarak yang ditempuh.

Hasilnya kemudian dimasukkan ke dalam program komputer untuk mengetahui pemakaian rata-rata bahan bakar setiap motor. Sekadar informasi, teknik berkendara yang dilakukan menggabungkan antara berkendara secara irit namun tetap berusaha mencatat waktu lap secepat mungkin.

Cara kerja lampu Eco adalah mencatat kecepatan sepeda motor dan dikombinasikan dengan kecepatan bukaan gas. Jadi meski kita masih dalam kisaran kecepatan Eco (30-60 kilometer per jam), namun belum tentu lampu menyala apabila kita membuka tutup tuas gas dengan agresif.

Kunci berkendara irit bahan bakar adalah dengan sebisa mungkin membuka tutup tuas gas secara perlahan. Selain itu kita juga dituntut untuk mengurangi pemakaian rem, karena apabila motor melambat maka butuh tenaga yang besar untuk mencapai kecepatan semula.

Pemakaian bahan bakar saat uji coba Mio 125 tercatat satu liter bahan bakar Pertamax untuk jarak 82 kilometer. Namun hasil ini didapat saat menempuh jalur trek yang lebar dan kosong, tidak seperti kondisi perkotaan yang padat dan macet.

Hasil yang didapat ini bukanlah yang teririt, karena salah satu media lain berhasil mencatat pemakaian satu liter untuk 111 kilometer. Sementara itu angka paling boros adalah satu liter untuk 70 kilometer.

Indokurir.com:

22total visits,1visits today